Rabu, 08-02-2023
  • Mencetak Generasi Qurani Yang Faqih, Berakhlakul Karimah dan Berwawasan Global

Dua Santri Pesantren Dar Faqih Qur’ani, Raih Juara Pada Gelaran Pentas PAI Se-Aceh Timur.

Diterbitkan : - Kategori : Pesantren / Prestasi

Humas DFQ – Dua santri pesantren Dar Faqih Qur’ani, Gampong Keude Birem, Kec Bireum Bayeun, Aceh Timur, berhasil merebut dua kategori juara pada gelaran pentas PAI se – Aceh Timur. Kamis (28/10)

Pekan keterampilan dan seni pendidikan agama islam (Pentas PAI) ini digelar oleh kantor kementrian agama kabupaten Aceh Timur melalui seksi pendidikan agama islam, tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Se Aceh Timur. Dilaksanakan di SMPN 1 Idi Rayeuk.

Kepala Dinas pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, S.Pd, M.Pd Sebagai ketua panitia mengatakan “Pentas PAI merupakan agenda rutin kemenag, kita berkolaborasi juga dengan Cabang Dinas Pendidikan Aceh (Cabdin) dalam mensukseskan kegiatan ini, kegiatan – kegiatan dalam pentas PAI ini diharapkan mampu menumbuhkan minat dan niat yang kuat untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama, serta menampilkannya dalam sikap keseharian siswa yang berakhlakul karimah” ungkapnya.

Peserta yang mendapatkan juara satu akan diikutsertakan mengikuti pentas PAI tingkat provinsi Aceh.

Adapun pentas yang diperlombakan ialah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat Pai (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nasyid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), dan Lomba Kreasi Busana (LKB).

Dalam pentas PAI tersebut Pesantren Dar Faqih Qur’ani mengikut sertakan santrinya sebanyak tiga orang, Muhammad Hafiz mengikuti cabang perlombaan Tahfidz 5 Juz,  Muhammad Fathin Bashil, Mengikuti cabang perlombaan Cerdas Cermat, dan Nurul Alya Zahra mengikuti cabang perlombaan Kaligrafi.

Foto : Juara 1 Tahfidz Al-Qur’an 5 Juz, Muhammad Hafiz

Pada Gelaran Pentas PAI tersebut santri Pesantren Dar Faqih Qur’ani berhasil menyabet dua gelar juara, yaitu juara satu Tahfidz Qur’an 5 juz oleh Muhammad Hafiz, Dan juara dua Cerdas Cermat oleh Muhammad Fathin Bashil.

Santri Dar Faqih Qur’ani Muhammad Hafiz yang berhasil merebut juara satu Tahfidz Quran 5 Juz se Aceh Timur akan diikut sertakan mengikuti pentas PAI se provinsi Aceh.

Foto : Juara 2 Cerdas Cermat PAI, Muhammad Fathin Bashil.

Waka Bidang Kesiswaan Dar Faqih Qurani Fadhly Adrian, SS mengatakan akan meningkatkan kualitas dan kapasitas santri, dengan mengembangkan extra kulikuler bakat minat santri, kegiatan extra kulikuler seperti kaligrafi, bahasa asing, tilawah Al-Qur’an, dan seni Qiraat Al-Qur’an, waka bidang kesiswaan juga memohon dukungan dan kerjasama dari segala lini demi suksesnya peningkatan kualitas dan kapasitas santri tersebut.

Mudir Pesantren Dar Faqih Qur’ani Abu Dr. H. Awwaluz Zikri, Lc., MA mengatakan “Alhamdulillah Rahmat dari Allah SWT ada perwakilan dari santri kita yang berhasil meraih juara di acara pentas PAI kab. Aceh Timur. Walau usia kita masih baru hanya baru 3 bulan, namun kita dapat meraih hasil positif. Ini semua berkat kerja sama antara team Official, pelatih, guru dan juga para Musyrifin dan Musyrifat (pamong) di pesantren kita. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi santri dari pesantren kita yang akan mengukir segudang prestasi membanggakan. Semua dalam bab “Fastabiqul Khairat” dan juga “Ayyukum Ahsanu ‘Amalan”.  Selamat bagi yang telah meraih juara, dan semoga santri yang lain dapat termotivasi dengan prestasi awal ini”. (humas DFQ)

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan