Rabu, 08-02-2023
  • Mencetak Generasi Qurani Yang Faqih, Berakhlakul Karimah dan Berwawasan Global

Santriwati Pesantren Dar Faqih Qur’ani, Ikuti Penjaringan Kesehatan Peserta Didik Puskesmas Birem Bayeun.

Diterbitkan : - Kategori : kesehatan / Pesantren

Humas DFQ – Sebanyak 63 Santri wati pesantren Dar Faqih Qur’ani Keude Birem, Aceh Timur mengikuti kegiatan penjaringan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Birem Bayeun, Aceh Timur. Sabtu (30/10).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan dan pemeliharaan kesehatan kepada peserta didik, penjaringan kesehatan anak sekolah merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimal bidang kesehatan yang menjadi perogram wajib daerah. Kegiatan penjaringan kesehatan tersebut dilaksanakan melalui unit kesehatan sekolah (UKS).

Turut hadir petugas puskesmas Birem Bayeun, penjaringan kesehatan peserta didik, nursyafni, SKM Sebagai program pkpr peduli remaja, Yuswita SKM Sebagai Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Zakiah, SKM sebagai program imunisasi, dan Agustina, AMG sebagai gizi.

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan kesehatan secara umum, seperti Mengukur tinggi badan, berat badan, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan telinga, dan pemeriksaan kesehatan mata.

Nursyafni, SKM mengatakan “Penjaringan peserta didik di Pesantren Dar Faqih Qurani disitu kami melakukan Pengukuran tinggi badan, Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan telinga, gigi dan mata, untuk kedepannya kami baru masukkan program wkpr dan pembagian tablet tambah darah, untuk saat ini namanya program UKS”.

Selain dari melakukan pemeriksaan kesehatan, petugas kesehatan puskesmas Birem Bayeun juga melakukan penyuluhan tata cara menjaga kesehatan, kepada siswi / santriwati.

Santriwati Pesantren Dar Faqih Qur’ani sangat antusias mengikuti program ini. “Antusias sekali anak – anak, mereka senang berjumpa dengan ibu-ibu puskesmas, saat ditanya, boleh enggak ibu datang lagi ? mereka menjawab dengan antusias boleh. Alhamdulillah anak – anak senang dengan kedatangan kami” Ujar Yuswita SKM sebagai Program UKS.

Kepala Sekolah SMPIT Pesantren Dar Faqih Qur’ani H. Salman Nurdin, Lc,. MA Mengatakan “Alhamdulillah, saya sangat senang dengan datangnya tim dari puskesmas yang datang mengecek kesehatan anak – anak kita. Apalagi dimasa – masa usia mereka beranjak puber, sangat bagus saya rasa. Bahkan kemarin itu saya sempat meminta untuk dewan guru juga di cek kesehatannya. Tapi karena memang program mereka untuk anak – anak ya tidak bisa dilaksanakan untuk dewan guru. Kita berharap program ini rutin dilaksanakan, paling kurang sebulan sekali. (Humas DFQ)

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan