Senin, 06-02-2023
  • Mencetak Generasi Qurani Yang Faqih, Berakhlakul Karimah dan Berwawasan Global

Sejarah

Pesantren Dar Faqih Qur’ani adalah lembaga pendidikan Islam yang dirintis pada tahun 2017 dan didirikan pada tahun 2018 serta beroperasi pada tahun 2021 dengan sistem kurikulum yang terpadu, tahfizh dan tahsin al-Quran besanad kepada Rasulullah SAW dengan para guru yang Hafizh dan hafidzah, Qiraatul Qutub Mu’tamadah dalam ilmu Akidah, Fikih dan Tasawuf serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris secara intensif.

Pesantren Dar Faqih Qur’ani terletak di Jalan Medan-Banda Aceh, Gampong Keude Birem, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Lokasi pesantren sangat menguntungkan karena terletak di jalan raya Medan-Banda Aceh yang mana hal tersebut memudahkan komunikasi, baik dengan instansi pemerintah maupun dengan masyarakat luas.

Dengan didukung oleh lingkungan yang asri, Pesantren Dar Faqih Qur’ani berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqih fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki kepribadian Islami, keunggulan akademik, fasih membaca al-Qur’an dan mampu membaca kitab kuning (klasik) serta memiliki jiwa keikhlasan, amanah, tsaqafah, ukhuwah Islamiyah, iffah dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT. Sebagai jenis pesantren modern, santri Pesantren Dar Faqih Qur’ani pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam, disiplin dalam kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pesantren.

Di Pesantren Dar Faqih Qur’ani, pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para ustadz dan ustadzah dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah, Malaysia dan dalam negeri, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar, program tahfidz, program bahasa dan kepengasuhan santri.